Ngebul #2 : Stroberi dan Tambahan Donat


 Fcukin Donuts varian Strawberry adalah liquid yang sedang saya pakai selama dua minggu belakangan. Sebuah liquid karya Juice Heaven dan didistribusikan oleh JVS Distribution. Sedikit cerita bahwa sebenarnya saya sedang rindu dengan liquid-liquid ringan dengan nikotin rendah, yang akhirnya liquid ini juga saya beli varian nikotin 3mg. 


Seperti ekspektasi saya, ini adalah liquid yang sederhana, ringan, dan cukup menyenangkan untuk mengisi hari-hari yang dipenuhi dengan pekerjaan yang cukup menguras otak. 


Karakter utama dari liquid ini adalah stroberi, sang bintang yang dominan dalam setiap hisapan. Rasa donatnya sendiri justru saya tidak terlalu merasakan. Dengan berbagai settingan atomizer dan berbagai device, saya tetap merasa bahwa donat disini lebih terasa seperti pastry dough pada umumnya. 


——




Mungkin saya bisa mulai bercerita dengan rasa yang membawa saya flashback ke masa-masa awal saya mencoba vape. Kurang lebih empat tahun yang lalu, saya mencoba berbagai jenis liquid. Pada masa itu, saya menggunakan Artery Pal 2 Pro sebagai daily device saya, sedangkan sesekali saya menggunakan Dead Rabbit V1 yang dipasangkan dengan Smoant Naboo. Salah satu liquid yang saya nikmati pada masa itu adalah Sir Panda, sebuah liquid dengan rasa stroberi dan biskuit.


Rupanya sampai saat ini, saya sedikit kesulitan untuk menerima liquid rasa stroberi yang dicampur dengan rasa lain—utamanya creamy dan pastry—karena entah lidah, settingan, atau mungkin hanya karena pengetahuan saya yang kurang baik, secondary layer dari liquid semacam ini tidak bisa saya rasakan. Katakanlah bahwa Sir Panda pada masa itu dinyatakan enak karena perpaduan stroberi dan biskuitnya, tapi justru saya merasakan bahwa biskuitnya hanya sebagai hint saja.


Hal ini saya rasakan kembali setelah menghisap Fcukin Donuts varian Strawberry ini. Bahwa donat, rasa yang menjadi topik utama dalam seri liquid ini, justru tidak begitu impactful baik dari inhale maupun exhale. Entah karena saya terbiasa dengan liquid-liquid yang hanya memiliki satu rasa saja, atau karena terlalu sering MTL.


Saya penggemar makanan, termasuk makanan manis serupa donat. Ketika saya memesan kopi, misalnya, di suatu kedai kopi, kalau saya memesan lewat aplikasi makanan, saya akan membeli juga pastry yang ditawarkan. Croissant, donat, roti, atau apapun itu. Saya juga tidak terlalu asing dengan donat, atau spesifiknya donat rasa stroberi.


Makanya ketika saya membeli liquid ini, saya berekspektasi bahwa rasa donatnya setidaknya ada 50%, atau katakanlah 40%. Kenyataannya ternyata tidak, rasa ‘adonan’ disini hanya 10-20% saja. Saya mencobanya di Tauren Solo RDA, namun karena merasa RDA itu cenderung mengurangi rasa manis, akhirnya saya coba dual coil di Hellbeast RDA, dan jawabannya sama. Rasa stroberinya makin kencang ketika dihisap di Hellbeast, namun donatnya tidak pernah keluar, kecuali sedikit aroma dan rasa adonan saat exhale. Akhirnya saya gunakan Drop Dead RDA dan hasilnya sama saja. Perbedaan dari semua atomizer itu—bahkan berbagai jenis wire—hanyalah di kepekatan rasa dan level manis saja.


Adapun rasa donat yang mendekati rasa liquid ini adalah donat yang pernah saya beli di warung beberapa meter dari kos tempat saya tinggal. Donat yang dilumuri krim stroberi berlimpah namun rasa gurih ‘donat’nya hampir tidak muncul kecuali rasa adonan tepung.


Aromanya wangi, malah seperti aroma selai stroberi segar dengan rasa asam khas. Ketika inhale, rasa manisnya pas, rasa selai stroberi yang asam segar masuk ke dalam mulut, dan ketika exhale, baru si rasa ‘adonan’ donat itu muncul sedikit. Ada juga sedikit rasa seperti permen Alpenliebe stroberi disana ketika exhale saat saya menggunakan RDA Tauren Solo.


Meskipun pada dasarnya ini adalah sebuah liquid rasa stroberi dengan tambahan rasa donat, tapi saya cukup menikmatinya. Utamanya, karena sekian lama tidak menyentuh kembali liquid dengan rasa ini. Poin plusnya karena rasa stroberi disini nikmat, notes dari buah stroberi itu sendiri bisa dijabarkan dengan detail dalam setiap hisapan, bagaimana rasa asam dan karakteristik manis segar dari stroberinya bisa terasa dengan sempurna. Rasa manisnya pas, tidak bisa dikategorikan sebagai oversweet, utamanya karena rasa asam segarnya. Mungkin rasa yang mirip dengan stroberi di liquid ini adalah selai stroberi alias strawberry jam yang sering kita temukan sebagai olesan pelengkap untuk roti.


Karena tidak oversweet, saya gunakan liquid ini untuk daily dan tidak ada masalah. Tidak ada rasa eneg yang biasa didapatkan saat menghisap liquid-liquid creamy untuk DTL Vaping. 


Overall, sebuah liquid yang cukup baik, cukup nikmat untuk dijadikan daily liquid. Ramah di kapas, tidak terlalu manis, dan tetap terasa enak di single coil setting, utamanya karena PG VG yang ada disini adalah 40:60. Saya mencobanya juga di dual coil set up menggunakan Hellbeast RDA dan Vaporesso Gen, tetapi tidak ada perubahan signifikan, artinya digunakan dimana saja tetap nikmat. Hal lain yang perlu ditambahkan adalah tidak adanya perubahan rasa saat liquid ini tersisa sedikit, konsisten dari tetes pertama sampai terakhir.


Jika saya tiba-tiba ingin liquid stroberi kembali, tampaknya Fcukin Donuts bisa menjadi salah satu pilihan dalam list saya.



Ciamis,

17 September 2023.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis dan Pembahasan Puisi Sajak Matahari karya W.S Rendra

Macam-Macam, Jenis dan Contoh Cara Penggambaran Tokoh dalam Cerita

Jagat Alit - Godi Suwarna