Analisis dan Pembahasan Puisi Sajak Matahari karya W.S Rendra

Kutipan Sastra

Venusastra.com - Hi pembaca yang budiman. Selamat berjumpa kembali dengan postingan analisis puisi Sajak Matahari karya W.S Rendra. Sesuai judulnya, kali ini saya akan membahas, hal apa saja sih yang terdapat dalam puisi W.S Rendra? Kali ini dengan beberapa informasi yang saya peroleh dari mesin pencari di internet, akhirnya saya mendapatkan 'pencerahan' dan mungkin ini juga akan membantu anda sekalian yang sedang mendapatkan tugas untuk menganalisis atau sekadar ingin mendalami puisi ini.

Yuk simak dulu puisinya 

SAJAK MATAHARI

Oleh :
W.S. Rendra
Matahari bangkit dari sanubariku.
Menyentuh permukaan samodra raya.
Matahari keluar dari mulutku,
menjadi pelangi di cakrawala.
Wajahmu keluar dari jidatku,
wahai kamu, wanita miskin !
kakimu terbenam di dalam lumpur.
Kamu harapkan beras seperempat gantang,
dan di tengah sawah tuan tanah menanammu !
Satu juta lelaki gundul
keluar dari hutan belantara,
tubuh mereka terbalut lumpur
dan kepala mereka berkilatan
memantulkan cahaya matahari.
Mata mereka menyala
tubuh mereka menjadi bara
dan mereka membakar dunia.
Matahri adalah cakra jingga
yang dilepas tangan Sang Krishna.
Ia menjadi rahmat dan kutukanmu,
ya, umat manusia !
Yogya, 5 Maret 1976
Potret Pembangunan dalam Puisi

Analisis Intrinstik Sajak Matahari karya W.S Rendra


Puisi “Sajak Matahari” merupakam puisi yang bertemakan kemanusiaan. Kemanusiaan yang dimaksudkan lebih condong atau dominan ke arah moral atau akhlak manusia. Isi dari puisi ini adalah menceritakan kejadian atau peristiwa sekaligus masalah yang sedang marak terjadi di dunia tanpa ada yang menyadarinya. Masalahnya adalah dunia yang mulai hancur karena ulah dan keserakahan seorang penguasa yang ingin menguasai dunia dengan cara cara kotornya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kalimat pada larik puisi tersebut. Larik “kakimu terbenam di dalam lumpur” yang dapat diartikan seorang wanita yang terjebak di dalam kesengsaraan hidup dan sangat sulit untuk bangun karena semakin ia bergerak ia semakin tenggelam dalam lumpur. Diksi “terbenam” di sini memiliki makna terjebak. Sedangkan “lumpur” memiliki makna konotasi kotor, rendah, dan gelap. Sedangkan makna lambang dari “lumpur” adalah kesengsaraan hidup karena lumpur sangat terasa mengganggu saat mengenai kita. Imaji yang mucul adalah penglihatan dan perabaan serta taktil. Sedangkan majas dari larik tersebut adalah majas pleonasme.

Bukti berikutnya pada larik “dan di tengah sawah tuan tanah menanammu” terdapat makna lambang dari menanam yang berarti pengaturan. Menanam tanaman hanya dimanfaatkan hasil panennya. Ibarat rakyat yang dimanja dengan fasilitas namun sebenarnya diperalat oleh tuan mereka yaitu para konglomerat. Imaji yang muncul adalah imaji perasaan dan taktil.

Kemudian pada larik “satu juta lelaki gundul keluar dari hutan belantara”, maksud dari larik tersebut adalah para pekerja atau buruh laki-laki yang berprofesi sebagai penebang pohon di hutan baru saja selesai melakukan perkerjaannya. Dilanjutkan dengan larik “mata mereka menyala” maksudnya adalah hutan yang habis ditebang tadi mengakibatkan hilangnya paru-paru dunia hilang dan dunia marah akan hal itu, kemarahannya seperti bara yang membakar dunia.

Tipografi 

Tipografi dalam puisi ini adalah bait yang disusun lurus dalam satu bait tanpa ada aline-alineanya melambangkan bahwa peristiwa yang terjadi pada puisi tersebut (perbudakanoleh para konglomerat) terus berlangsung sepanjang masa meskipun zaman sudah berkembang.

Suasana

Suasana dalam puisi ini adalah menyedihkan dan mengharukan. Dapat dibuktikan dalaml arik “ kamu harap kan beras seperempat gantang”, “di tengah sawah tuan tanah menanammu”, “kakimu terbenam di dalam lumpur”, dan “tubuh mereka terbalut lumpur”. Larik-larik tersebut sangat menunjukkan betapa menyedihkannya kehidupan seorang buruh yang selalu diperintah majikannya. Imaji dalam larik-larik tersebut adalah taktil, perasaan, dan perabaan. Imaji tersebut timbul dari kata konkret harapkan, menanammu, terbenam, terbalut.

Nada yang digunakan penulis pada puisi ini adalah menasihati, mengingatkan, dan menyadarkan bahwa masyarakat telah diperalat oleh para konglomerat yang terus berkuasa demi mencapai tujuannya tanpa mempedulikan hak orang lain.

Amanat


Dalam puisi ini terkandung beberapa amanat. Amanat pertama adalah untuk penguasa atau para konglomerat. Sebagai penguasa yang memiliki kedudukan dan kekayaan yang lebih dari lain, harusnya jangan sewenang-wenang terhadap bawahan dan masyarakat lain. Juga jangan serakah karena hidup hanya sementara pikirkan akhirat juga. Amanat yang kedua adalah amanat bagi masyarakat yang sedang berada dalam kekuasaan Sang Konglomerat. Sadarlah bahwa kalian hanya diperalat untuk mencapai kesenangan mereka. Jangan hanya diam. Beranilah lepas dari genggaman mereka karena kalian punya hak untuk “merdeka”. Dan sesungguhnya kalian punya kekuatan yang lebih dari mereka yang masih kalian simpan di dalam diri kalian, jadi keluarkanlah kekuatan tersebut. Biarkan kalian menentukan nasib kalian sendiri tanpa harus mengkuti kemauan orang lain yang tidak mempedulikan kehidupan kalian.

Citraan


 Citraan yang gerdapat dalam puisi ini adalah yaitu citraan penglihatan, citra perabaan, citra gerak, citra perasaan.

a.  Citra penglihatan (visual imagery) dapat dilihat dari bait pertama dan baris ketiga dam keempat puisi tersebut.matahari keluar dari mulutkumenjadi pelangi di cakrawala
kemudian pada bait ketiga puisi tersebutSatu juta lelaki gundul keluar dari hutan belantara, tubuh mereka terbalut lumpur dan kepala mereka berkilatan memantulkan cahaya matahari. Mata mereka menyala tubuh mereka menjadi bara dan mereka membakar dunia
Dari penggalan bait puisi di atas, sang penyair menginginkan bahwa apa yang di rasakan oleh penyair juga di rasakan oleh pembaca yaitu semangatnya yang membara, bersahaja dan tak kenal lelah hingga dunia tergetar dan terbakar oleh semangat itu.
b.    Citra perabaan (tactile imagery) yang terdapat dalam puisi ini yaitu dapat di lihat pada bait pertama baris kedua

Menyentuh permukaan samudra rayaKemudian pada bait ketiga baris ketujuhtubuh mereka menjadi baraDan mereka membakar duniaPada bait ini penyair memberikan pemahaman kepada pembaca bahwa seseorang harus memiliki keinginan dan kemauan yang besar untuk menggapai sesuatu hingga menjadi bara itu diibaratkan semangat yang membara tidak kenal putus asa.
c.    Citra gerak dalam puisi karya WS.Rendra terdapat pada penggalan bait pertama dan ketiga yaitu sebagai berikut :Matahari bangkit dari sanubariku…
…Satu juta lelaki gundul
keluar dari hutan belantara

d.   Citra perasaan dapat dilihat dari pada bait pertama yaitu.

Matahari bangkit dari sanubariku…
Penyair menggunakan perasaanya untuk menyampaikan imajinya terhadap gambaran-gambaran masa pembangunan, yang membuat ia mencoba bangkit dari keterpurukan.


Rupanya cukup itu saja yang bisa saya rangkum kali ini. Tak lupa saya haturkan banyak terima kasih untuk website-website referensi yang menjadi acuan saya dalam menulis artikel ini. Semoga, dengan adanya artikel ini dan artikel-artikel sastra lain yang teman-teman sebarkan diluar sana bisa membangkitkan kembali minat generasi muda di 'jalan sastra''.

Kritik, saran dan pertanyaan monggo layangkan di kolom komentar.



Referensi :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam, Jenis dan Contoh Cara Penggambaran Tokoh dalam Cerita

Jagat Alit - Godi Suwarna